"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas...? Serahkan pada saya. Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS..!!! Klik DISINI-1 dan DISINI-2"

Sabtu, 29 Oktober 2011

Tips Perawatan Laptop

Laptop Lebih rentan rusak dibanding PC, oleh karena itu, kita harus merawatnya dengan benar agar laptop dapat berumur lebih lama.  Jangan sampai laptop yang baru beberapa bulan kita beli, menjadi rusak hanya karena kita salah memperlakukannya maupun merawatnya. Berikut ini ada beberapa tips langkah-langkah perwatan laptop, diantaranya :

  1. Jangan meletakkan laptop diatas sumber magnet, misalnya TV, active speaker, radio tape, atau ponsel. Karena medan magnet dapat mempengaruhi komponen laptop, terutama hardisk.
  2. Masukkan laptop kedalam tas khusus.Tas laptop dibuat sedemikian rupa, sehingga casing laptop tidak mudah tergores dengan benda disekitarnya. Tas juga dapat meredam guncangan-guncangan kecil.
  3. Jangan meminda-mindahkan laptop dalam keadaan menyala. Hardisk pada laptop yang sedang menyala, apabila digerakkan dapat menyebabkan head hardisk menggores cylinder sehingga akan berakibat patal.
  4. Gunakan stavolt atau stabilizer. Apabila menggunakan listrik langsung, pastikan menggunakan stavolt/stabilizer atau UPS untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik.
  5. Install anti Viorus dan update-lah secara berkala. Jangan sembarangan men-download software gratis dari internet. Mungkin saja yang kita download adalah malare/spyware yang menyamar sebagai freeware tertentu.
  6. Letakkan laptop pada posisi mendatar, jangan miring. Selain kurang ergonomis, juga dapat menyebabkan posisi hardisk tidak pada posisi yang benar.
  7. Shutdown laptop dengan benar. Jangan sekali-kali mematikan laptop dengan melepaskan power atau baterainya. Power listrik yang mendadak mati dapat menyebabkan hardisk bermasalah.
  8. Simpan laptop ditempat yang suhunya tidak terlalu ekstrim. Jangan sekali-kali meninggalkan laptop di mobil yang sedang diparkir ditempat yang panas atau mesin mobil yang sedang hidup. Panas yang berlebihan dapat merusak komponen laptop.
  9. Jangan meletakkan laptop di permukaan yang empuk, sehingga laptop kelihatan tenggelam. Hal ini dapat menghambat panas untuk keluar, sehingga laptop lebih cepat panas.
  10. Jangan pernah membongkar laptop sendiri, terutama masih awam. Jika masih dalam masa garansi, lebih bijaksana kalau anda membawanya ke tempat servis resmi.
  11. Lap layar LCD dengan kain lembut dan kering secara perlahan, jangan menekan terlalu keras. Gerakkan lap ke satu arah saja, dari kiri ke kanan. LCD dibentuk oleh cairan kristal(untuk menampilkan gambar), sehingga permukaannya tipis dan rapuh. Oleh karena itu, kalaupun harus menunjuk monitor dengan jari atau pulpen, jangan sampai menyentuhnya, apalagi menekan dengan keras.
  12. Bersihkan keyboard dengan vacum cleaner atau semprotan udara di sela-sela tombolnya. Jangan mengetuk atau mengguncangkan keyboard dengan keras.
  13. Hati-hati pada saat membuka dan menutup layar laptop. Antara LCD dan CPU terdapat engsel yang berfungsi agar LCD dapat bergerak bebas sesuai dengan kemiringan yang kita inginkan. Pada saat membuka atau menutup LCD, jangan sampai mengentak terlalu keras, karena dapat menyebabkan engsel patah.
  14. Perlakukan baterai dengan benar.Khusus untuk pemakaian baterai pertama kali, sebaiknya anda mengisi dan mengosongkan sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut. Ini juga berlaku untuk baterai yang lama disimpan atau tidak dipakai berminggu-minggu. Jika menggunakan baterai jenis Ni-MH, anda harus mengosongkan setiap minggu atau sebulan sekali, jika berencana menyimpan laptop dalam waktu lam, sebaiknya lepaskan baterai dari laptop.
  15. Menghindari goresan. Amankan benda-benda tajam dari sekitar laptop. Taruh lapisan pelindung diatas keyboard sebelum anda menutup casing, agar layar tidak tergores.
  16. Hindari tangan kotor dan berminyak saat memegang laptop. Tangan yang kotor dan berminyak menjadi penyebab casing tidak lagi mengkilap.
  17. Menyimpan laptop. Bila anda menyimpan laptop dalam waktu lama, sebaiknya lepaskan baterai dan simpan ditempat yang sejuk dan kering, serta bersirkulasi udara yang cukup baik. Taruh silikon gel untuk menghundari jamur.
Mungkin itulah sedikit tips langkah-langkah untuk merawat laptop kesayangan anda, agar dapat bertahan dan berumur lebih lama. Kalau menurut anda masih banyak kekurangan yang belum tersampaikan, silahkan anda menambahkannya sendiri, apa yang menurut anda baik. Mudah-mudahan dapat bermanfaat.

7 komentar:

  1. Terima kasih atas berbagi tipsnya..bisa menggunakan laptop tetapi kurang dalam menjaganya.SEmoga tipsnya ini bisa diterapkan oleh saya

    BalasHapus
  2. Kunjungan silaturahmi pagi sahabat dan terima kasih telah berbagi tipsnya yang bermanfaat ini

    BalasHapus
  3. banner sudah terpasang dengan baik,,, silahkan di cek,, thx,, abah

    BalasHapus
  4. @cardiacku & @webmdmk mudah-mudahan bisa bermanfaat sobat,,,

    @welcome to my blog makasih ya atas kerjasamanya,,,

    BalasHapus
  5. Info yang bermanfaat. Sering para pengguna laptop itu belum tahu cara yang tepat merawat laptopnya. Semoga bisa bermanfaat bagi yang lain. Salam.

    BalasHapus
  6. thanks sharing tips nya abah...kadang kala kita lupa akan hal2 kecil yg bisa berakibat fatal.
    thx juga u/ nitip link disini y. sukses sll abah koes.

    BalasHapus
  7. @ faisal salam sobat faisal mydah-mudahan bermanfaat

    @ spa finder Mudah-nudahan bisa bermanfat,,,, sukses juga ya sob,,,,

    BalasHapus